FAKTA TENTANG JAM TANGAN YANG PERLU KAMU TAHU!

Mungkin sudah nggak aneh rasanya dengan yang namanya jam tangan. Kamu juga mungkin mempunyainya entah satu atau beberapa buah. Nah, ternyata ada banyak fakta menarik di balik berbagai jenis jam tangan yang mungkin juga kamu belum tahu.

Seperti yang kamu tahu, saat ini ada banyak sekali jenis-jenis jam tangan yang bisa kita pilih. Baik yang bersifat analog atau pun digital dengan tali berbahan kulit ataupun plastik serta harga yang juga sangat variatif hingga seharga mobil mewah.

Jam tangan yang kita kenal saat ini tidak mungkin ada jika bukan karena penemuan utamanya. Berikut fakta-fakta menarik mengenai perkembangan jam tangan selama bertahun-tahun yang Moment sadur dari Engineering and Technology Magazine.

 

1. What’s in your pocket?

Pocket watches dan waistcoats yang pertama kali dipopulerkan oleh King Charles II di tahun 1670-an merupakan hal yang essential bagi para pria di abad ke-17. Bermula dari gentleman’s watch lalu dikembangkan menjadi pocket watch yang bisa dibawa dan dimasukkan ke dalam kantung waistcoats. Meski tren ini berlangsung berabad-abad yang lalu, pasangan pocket watch dan waistcoat baru-baru ini kembali lagi menjadi populer dengan beberapa merek jam premium yang kembali memproduksi jam model ini.

 

2. An alarming invention

Jam tangan dengan fitur alarm pertama kali diciptakan oleh merek jam mewah dari Swiss, Eterna, di tahun 1908, namun baru diproduksi di tahun 1914. Selain fitur alarm, Eterna juga telah menciptakan banyak inovasi pada jam yang diproduksi di tahun 1930-an, seperti contohnya jam tangan dengan teknologi pergerakan otomatis pada tahun 1948 yang dikenal sebagai ‘Eterna-matic’.

 

3. Got you on my wrist

Pada saat Perang Dunia Pertama, dunia aviasi juga memiliki peran dalam mempopulerkan penggunaan jam tangan. Alberto-Santos Dumont, yang memberikan kontribusi pada desain pesawat di tahun 1900-an mengutarakan kesulitannya sebagai pilot kepada Louis Cartier. Penggunaan pocket watch dianggap mengganggu aktivitas tangan pilot saat sedang mengendalikan setir. Louis Cartier pun menemukan alternatif dengan membuat jam dengan tali kulit dan pengait kecil untuk digunakan pada pergelangan tangan.

 

4. Under the sea

Jam tangan Rolex Submariner adalah jam presisi pertama yang dikembangkan untuk digunakan dalam laut. Jam yang muncul di permukaan pada tahun 1954 dalam film dokumenter “The Silent World” dan ditemukan oleh Jacques Cousteau ini memiliki tampilan stylish dengan warna metalik.

 

5. Going automatic

Jam tangan otomatis pertama kali ditemukan dipatenkan oleh perajin jam asal Bolton, John Harwood, pada tahun 1923 dan diproduksi pada tahun 1929. Namun jam ini hanya diproduksi untuk masa yang singkat karena kesulitan dalam manufakturnya.

 

6. A time at war

Kebutuhan perang pada abad ke-20 juga menjadi faktor dalam penggunaan jam tangan yang menjadi lebih umum. Jam tangan tentunya dianggap lebih praktis dan efisien untuk mengetahui waktu dibandingkan dengan pocket watch pada saat perang. Pada saat Perang Dunia I, beberapa perajin jam tangan pun membuat jam chronograph dengan jarum jam yang bisa terlihat meski di tengah kondisi gelap saat perang dan dilengkapi protektor untuk menghindari pecahan peluru.

 

7. Digitally enlighten

Konsep jam digital pertama kali muncul pada tahun 1968 dalam film sci-fi “2001: A Space Odyssey” yang didesain oleh Hamilton Watch Company. Hamilton memang memiliki reputasi untuk jam-jam berdesain futuristik, namun jam tangan digital pertama yang diciptakan oleh Hamilton, Pulsar, baru diluncurkan pada April 1972. Jam ini memiliki tampilan LED dan dibuat dari emas 18 karat dengan harga ritel sekitar USD 2,100.

 

8. World’s most complicated

Pada tahun 1989, dalam rangka merayakan hari jadi sang pemilik brand yang ke-150 tahun, Patek Phillipe menciptakan pocket watch dengan tingkat komplikasi sangat tinggi yang membutuhkan waktu 9 tahun untuk dibuat. Patek Phillipe 89 yang terbuat dari emas 18 karat hanya diproduksi sebanyak 4 buah. Tiga di antaranya terbuat dari jenis emas yang berbeda-beda dan satu di antaranya terbuat dari platinum. Jam ini merupakan salah satu jam paling mahal di dunia, dengan kisaran harga USD 5.12 milyar sampai dengan USD 6 milyar.

Jam-jam bersejarah di atas memang tidak mungkin untuk bisa kita miliki, tapi kamu bisa melihat berbagai jenis jam-jam di sini dengan model yang bisa kamu sesuaikan dengan style pribadi kamu.

(Sumber foto: Engineering and Technology Magazine)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *